RANGKUMAN MATERI SISTEM REGULASI

Sabtu, 09 Maret 2013



        Sistem Regulasi Manusia        
Tubuh manusia terdiri atas organ-organ tubuh yang masing-masing mempunyai fungsi tertentu. Agar organ-organ tubuh dapat bekerja sama dengan baik, diperlukan adanya koordinasi (pengaturan). Pada manusia dan sebagian besar hewan, koordinasi dilakukan oleh sistem saraf, sistem indra, dan sistem hormon. Dalam bab ini hanya akan dibahas tentang sistem saraf .
Sistem saraf sangat berperan dalam iritabilitas tubuh. Iritabilitas adalah kemampuan menanggapi rangsangan. Untuk menanggapi rangsangan, ada tiga komponen yang harus dimiliki oleh sistem saraf, yaitu:

a. Reseptor, adalah alat penerima rangsangan atau impuls. Pada tubuh kita yang bertindak sebagai reseptor adalah organ indera.
b. Konduktor (Penghantar impuls), dilakukan oleh sistem saraf itu sendiri. Sistem saraf terdiri dari sel-sel saraf yang disebut neuron.
c. Efektor, adalah bagian tubuh yang menanggapi rangsangan. Efektor yang paling penting pada manusia adalah otot dan kelenjar (hormon). Otot menanggapi rangsang yang berupa gerakan tubuh, sedangkan hormon menaggapi rangsang dengan meningkatkan/menurunkan aktivitas organ tubuh tertentu. Misalnya : mempercepat/memperlambat denyut jantung, melebarkan/menyempitkan pembuluh darah dan lain sebagainya.
1. Sel Saraf (Neuron)
Sistem saraf tersusun oleh sel-sel saraf atau neuron. Neuron inilah yang berperan dalam menghantarkan impuls (rangsangan). Sebuah sel saraf terdiri tiga bagian utama yaitu badan sel, dendrit dan neurit (akson).

MAKALAH PERIODE PERKEMBANGAN ISLAM


KATA PENGANTAR
Puji syukur yang dalam penulis ucapkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat-Nyalah makalah ini dapat penulis selesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dalam makalah ini, penulis membahas mengenai “Perkembangan Islam Pada Masa Modern”. Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman mengenai perkembangan dan pengaruh Islam pada masa modern sekarang ini yang juga dikenal dengan era globalisasi.
Dalam proses penyusunan makalah ini, tentunya penulis mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi, dan saran. Untuk itu rasa terima kasih yang dalam penulis kepada yang terhormat :
1. Bapak dan Ibu Guru SMAN 3 Teladan Bukittinggi.
2. Orang tua kami tercinta yang tak henti-hentinya memberi dukungan kepada penulis dalam penyusunan makalah ini.
3. Bapak pembimbing bidang studi agama Islam
4. Rekan-rekan XI IPA 1 SMA Negeri 3 Teladan Bukittinggi yang telah banyak memberikan masukan dalam penyusunan makalah ini.
Hanya kepada Tuhan Maha Kuasa jualah penulis memohon doa sehingga bantuan dari berbagai pihak bernilai ibadah. Penulis menyadari bahwa sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan dan kekurangan sehingga hanya yang demikian sajalah yang dapat penulis berikan. Penulis juga sangat mengaharapkan kritikan dan saran dari para pembaca sehingga penulis dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam penyusunan makalah selanjutnya.
Demikian makalah ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amiin.
                                                                                                        Bukittinggi , 05 Maret 2013


                                                                                                                         Penulis,






                                                                                                                                                ii
DAFTAR ISI

Kata Pengantar.................................................................................................................... ii
Pendahuluan ....................................................................................................................... 4
Batasan masalah ................................................................................................................. 5
Pembahasan ....................................................................................................................... 6
Perkembangan Islam Modern ............................................................................................ 8
Perkembangan Ajaran Islam,Ilmu Pengetahuan,dan Kebudayaan .................................... 9
Perkembangan Kebudayaan .............................................................................................. 13
Arsitektur ........................................................................................................................... 14
Sastra ................................................................................................................................. 15
Kaligrafi ............................................................................................................................. 16
Pengahayatan Terhadap Sastra Islam Pada Masa Pembaharuan ..................................... 17
Hikmah Mempelajari Sejarah Perkembangan Islam ......................................................... 19
Penutup ............................................................................................................................. 20
Daftar Pustaka ................................................................................................................... 21










                                                                                                                                                           iii                                                                                          
                                                                           BAB 1
I.       PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG

Islam adalah ajaran agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan agama-agama yang telah ada sebelumnya. Islam dikenal dengan rahmatal lil alamin nya, dimana Allah Tuhan pencipta alam semesta hanya mengakui Islam sebagai satu-satu nya agama yang mendapat rahmat dan karunia dari Allah SWT.
Islam pada zaman Nabi dahulu berkembang secara perlahan-lahan, tidak semua bangsa Arab langsung menerima kedatangan Islam dengan suka cita. Hal ini terjadi karena sebagian besar masyarakat Arab adalah kaum kafir Qurasy dimana keseharian mereka beribadah menyembah berhala. Islam masuk dengan cara damai dan tidak membutuhkan banyak syarat seperti agama lainnya tapi hal ini malah menjadikan bumerang bagi Islam itu sendiri. Karena ketika Nabi Muhammad berdakwah hanya sebagian bangsa Arab yang tergerak hatinya untuk memeluk dan meyakini Islam sebagai agamanya.
Islam adalah agama yang suci dan murni karena bagi pemeluk agama Islam mereka memiliki sebuah kitab suci Al-Qur’an yang merupakan kitab penyempurna dari kitab sebelumnya. Di dalam Al-Qur’an itu sendiri terdapat berbagai ilmu pengetahuan yang bisa dimanfaatkan oleh umat Islam untuk dipelajari dan diambil manfaatnya untuk kehidupan mereka sehari-hari.
Tak heran,ketika masa Nabi Muhammad banyak para cendikiawan-cendikiawan muslim yang menyumbangakan ide dan fikiran mereka untuk kehidupan masyarakat Islam. Mereka berpedoman kepada Al-Qur’an yang merupakan mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad. Perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Nabi Muhammad merupakan hal yang amat membanggakan. Terlebih lagi ketika ketika masa dinasti bani Umaiyah dimana dikenal kisah 1001 malam yang berpusat di kota Bahgdad, Irak yang menceritakan pemerintahan Islam yang amat terorganisir dan berjaya dengan ilmu pengetahuannya yang canggih.
Islam terus mengembangkan sayapnya diberbagai bidang yang merupakan sendi dari setiap kehidupan manusia, contohnya saja saat sekarang ini perkembangan peradaban Islam dapat dirasakan dalam berbagai sisi kehidupan manusia. Hal ini tidak bertahan lama, karena Islam mulai mengalami kemerosotan di berbagai bidang sehingga para penemu dari Islam kalah pamor dibandingkan penemu eropa yang sebenarnya mereka mempelajari ilmu yang mereka dapat itu dari Al-Qur’an.

ORGANISASI KERJA SAMA ISLAM


ORGANISASI KERJA SAMA ISLAM


PENGANTAR
  Organisasi Kerja Sama Islam (dahulu Organisasi Konferensi Islam) (OKI) bahasa Arab: منظمة المؤتمر الإسلامي) adalah sebuah organisasi internasional dengan 57 negara anggota yang memiliki seorang perwakilan tetap di Perserikatan Bangsa-Bangsa. OKI didirikan di Rabat, Maroko pada 12 Rajab 1389 H (25 September 1969) dalam Pertemuan Pertama para Pemimpin Dunia Islam yang diselenggarakan sebagai reaksi terhadap terjadinya peristiwa pembakaran Masjid Al Aqsa pada 21 Agustus 1969 oleh pengikut fanatik Kristen dan Yahudi di Yerusalem. OKI mengubah namanya dari sebelumnya Organisasi Konferensi Islam pada 28 Juni 2011.
A.   LATAR BELAKANG BERDIRI
OKI merupakan organisasi negara-negara Islam dan negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam yang dibentuk sebagai reaksi terhadap pembakaran mesjid Al Aqsa oleh Israel pada tanggal 21 Agustus 1969 yang merupakan salah satu tempat suci umat Islam, selain Mekkah dan Madinah serta bentuk penolakan terhadap pendudukan wilayah-wilayah arab oleh Israel termasuk pula penguasaan atas Yerussalem semenjak tahun 1967.
Pada tanggal 21 Agustus 1969 kekawatiran Negara-negara arab dan umat Islam terbukti dengan tindakan Israel yang membakar mesjid Al aqsa. Pembakaran mesjid Al Aqsa tersebut menimbulkan reaksi dari pemimpin negara arab khususnya Raja Hasan II dari Maroko, menyerukan para pemimpin negara-negara arab dan umat Islam agar bersama-sama menuntut Israel bertanggungjawab atas pembakaran mesjid Al Aqsa tersebut Seruan Raja Hasan II dari Maroko mendapat sambutan dari Raja Faisal dari Arab Saudi dan Liga Arab, yang langsung ditindaklanjuti dengan pertemuan para duta besar dan menteri luar negeri liga arab pada tanggal 22-26 Agustus 1969 yang berhasil memutuskan :
Tindakan Pembakaran mesjid Al Aqsa oleh Israel merupakan suatu kejahatan yang tidak dapat diterima.
• Tindakan Israel tesebut merongrong kesucian umat Islam dan Nasrani serta mengancam keamanan Arab.
• Mendesak agar segera dilakukan Konfrensi Tingkat Tinggi negara-negara Islam.

SOAL SISTEM PENCERNAAN

Jumat, 08 Maret 2013

1.       Pernyataan yang benar mengenai fungsi  makanan adalah….
1)       Menghasilkan energi
2)       Untuk pertumbuhan dan pembentukan tubuh
3)       Merusak sel sel tubuh yang sudah rusak atau sudah tua
4)       Mengatur proses proses tubuh
5)       Meghindari rasa lapar
a.       1,2, dan 3                d. 1,2, 4
b.       3,4, dan 5                e. 3,4, dan 5
c.       2,3, dan 4

2.       Makanan dibedakan atas senyawa penyusunnya, yang merupakan makanan dari senyawa organik adalah….
a.       Karbohidrat,lemak, dan mineral
b.       Karbohidrat,lemak, dan protein
c.       Vitamin,air, dan karbohidrat
d.       Protein dan mineral
e.       Vitamin dan mineral

3.       Penyakit yang diderita apabila kadar karbohidrat yang berbentuk glukosa didalam darah rendah adalah….
a.       Hipoglikemia
b.        Hiperglikemia
c.       Talasemia
d.       Anemia
e.       Bronchitis

4.       Lemak memiliki fungsi sebagai pelarut vitamin A,D,E,K. Yang merupakan fungsi dari vitamin E adalah….
a.       Membentuk antioksidan
b.       Memelihara kesehatan mata,kulit, dan rambut
c.       Mencegah oksidasi asam lemak tak jenuh
d.       Membantu membentuk kolagen
e.       Pembentukan hormone dan hemoglobin




5.       i. Udema (hilangnya simpanan lemak dibawah   kulit)
ii. Terhambatnya pertumbuhan dan menurunnya kemampuan respon saraf psikomotorik
Gejala yang demikian merupakan ciri khas dari penyakit….
a.       Bronchitis
b.       Beri-beri
c.       Avitaminosis
d.       Hipoglikemia
e.       Kwashiorkor

6.       Natrium merupakan makro elemen yang tedapat di dalam mineral yang terdapat pada daging,garam,mentega, dan produk peternakan. Fungsi dari natrium adalah….
a.       Mempengaruhi penerimaan rangsang pada otot dan saraf
b.       Membantu mempertahankan iritabilitas sel otot
c.       Memelihara keseimbangan air dalam sel dan keseimbangan asam basa
d.       Mempengaruhi proses pembentukan dan perombakan zat
e.       Unsur penting dalam tulang, otot, dan eritrosit

7.       Merupakan zat organik yang diperlukan dalam jumlah sedikit namun fungsinya tidak dapat digantikan oleh zat lain merupakan peranan dari….
a.                Vitamin
b.                Karbohidrat
c.                Mineral
d.                Lemak
e.                Protein














8.       Frinoderma merupakan defesiensi dari vitamin A yang memiliki ciri-ciri….
                              i.      Pendarahan pada selaput usus, ginjal dan paru paru
                            ii.      Melemahnya kontraksi otot jantung dan sistem saraf pusat
                        iii.      Terganggunya pembentukan epitel kulit kulit dan tangan sehingga kulit kaki dan tangan bersisik
                       iv.      Terhambatnya pertumbuhan pada masa anak anak
                         v.      Kejang kejang dan amat peka terhadap rangsangan
a. I dan ii                 d. I,ii, dan iv
b. Ii dan iii                e. iv dan v
c. I dan iii

9.       - Mengatur kadar kapur dan posfor di dalam darah  bersama kelenjer anak gondok (parathormon)
-Memperbesar penyerapan zat kapur dan posfor dalam usus
-Mempengaruhi kerja kelenjer endokrin
-Mempengaruhi osifikasi
Berdasarkan pernyataan di atas merupakan fungsi dari vitamin….
a.  A                  c. C                  e. E
b.  B                  d. D

10.   Koenzim yang dibutuhkan untuk menghasilkan hemoglobin dan pembentukan ADN merupakan fungsi dari….
a.       Biotin
b.       Asam pantotenat
c.       Vitamin B3
d.       Vitamin B1
e.       Asam folat

11.    Bahan kimia yang dicampurkan ke dalam makanan dengan tujuan meningkatkan kwalitas, rasa, dan memantapkan kesegaran produk tersebut merupakan pengertian dari….
a.       Zat aditif
b.       Zat adiktif
c.       Zat pengawet
d.       Zat penyedap
e.       Zat pemanis

12.   Antioksidan adalah zat aditif yang berfungsi untuk….
a.       Memperpanjang umur penyimpanan makanan
b.       Memperbaiki stabilitas makanan
c.       Mencegah proses pencokelatan enzimatik pada buah dan sayuran
d.       Member warna agar menarik
e.       Meningkatkan cita rasa dalam makanan
13.   Zat pewarna alami pada makanan yang berasal dari tanaman adalah….
a.       Pandan,gincu, dan sakarin
b.       Vetsin,kunyit, dan jahe
c.       Tartazin, benzin violet dan rhodamin
d.       Pandan,kunyit,dan ekstrak buah naga
e.       Kunyit,MSG,dan indigo karmin

14.   Yang merupakan organ pencernaan makanan adalah….
a.   Pankreas,faring, dan lambung
b.   Hati,pankreas, dan limfa
c.       Hati,pankreas, dan usus
d.       Usus halus,usus besar, dan lambung
e.       Pankreas,limfa, dan mulut

15.   Urutan saluran pencernaan makanan yang benar adalah….
a.       Mulut-faring-kerongkongan-lambung-usus besar-usus halus-rektum-anus
b.       Mulut-faring-kerongkongan-lambung-usus halus-usus besar-rektum-anus
c.       Mulut-kerongkongan-faring-lambung-usus buntu-usus halus-rektum
d.       Mulut-kerongkongan-lambung-faring-usus halus-usus buntu-umbai cacing-anus
e.       Mulut-kerongkongan-lambung-usus halus-usus besar-rektum-anus

16.   Proses pencernaan dibagi atas tiga tahapan, yaitu….
a.       Mekanis, biologis,fisik
b.       Fisik,alami,bantuan
c.       Mekanis,fisis,kimiawi
d.       Kimia,biologis,alami
e.       Fisis,kimia,bantuan