Refresh Otak Sejenak yok..

Senin, 12 November 2012

Setiap orang pasti pernah merasakan kejenuhan. Sebenarnya itu merupakan hal wajar dimana setiap orang pasti memiliki titik jenuh di setiap aktivitasnya. Dan biasanya kejenuhan yang dialami itu bias berdampak pada kinerja otak sehingga membuat kita mengalami yang namanya ‘stress’.
Istirahat adalah hal yang penting dilakukan ketika kita mulai merasa jenuh. Istirahat yang berkualitas bias mengembalikan stamina tubuh, bahkan bias mendapatkan kedamaian atau ketenangan.
Secara ilmiah diketahui bahwa otak secara efektif bias focus dan konsentrasi selama 25 menit,setelah itu mulai lah kehilangan sedikit demi sedikit konsentrasi. Yang berakibat pada kejenuhan.
Dalam situasi seperti ini, seseorang biasanya melakukan beberapa hal yang bisa mengurangi kejenuhan nya seperti :
1.     Mendengarkan musik yang menyenangkan sangat bermanfaat sebagai sumber daya mental. Handphone, MP3 bisa dijadikan sarana untuk mendengarkan musik.
2.     Lakukan aktivitas atau latihan fisik bisa merangsang tenaga dan menyegarkan pikiran.
3.     Tertawa adalah obat paling mujarab ketika mengalami kejenuhan.  Sempatkan lah menonton acara komedi atau sebagainya.
4.     Bermain puzzle bukan hanya untuk anak-anak, justru hal hal ini bisa menyenangkan dan membuat otak semakin kuat.
5.     Sosialisasi ternyata juga ikut membantu proses menghilangkan kejenuhan, interaksi dengan sesama manusia seperti mengobrol bisa menjaga agar pikian tetap segar.
6.     Tidur siang sejenak, tidak hanya menyegarkan pikiran tetapi juga bisa menjadi fondasi yang kuat dalam hal produktivitas. Seseorang akan merasa jauh lebih baik dan lebih produktif setelah selesai tidur siang.
7.     Mencium sesuatu yang menyenangkan, aroma seperti melati atau lilin aromaterapi bisa membantu menyegarkan pikiran agar dapat bekerja lebih baik.
8.     Lakukan pemijatan, pijat adlah cara sempurna untuk meredakan ketegangan dan mengurangi stress.
9.     Berendam di air hangat bisa membantu otak menjadi lebih rileks, jika memungkinkan cobalah menambahkan garam untuk melembabkan kulit.
10.Melamun, untuk jangka  waktu singkat melamun bisa memberikan imajinasi dan menyegarkan pikiran, sehingga membuat seseorang bisa lebih fokus melakukan pekerjaan.

Jadi tak ada salah nya untuk mencoba tips diatas, karena setiap orang pasti mengalami kejenuhan, tergantung kita untuk menyikapi kedaan dan kondisi. Tapi alangkah lebih baik jika kita juga memberikan sedikit ‘perawatan’ kepada otak kita yang tak pernah berhenti untuk berfikir.


0 komentar:

Posting Komentar